Jalan-jalan di Kobe Sambil Melihat Karya Arsitektur Ando Tadao

Selain terkenal dengan daging wagyuu Kobe, disini kita juga bisa melihat karya arsitek terkenal Jepang Ando Tadao

Dikarenakan hari kamis dan jumat tanggal 23 dan 24 Agustus di Jepang kebetulan ada libur, saya pergunakan untuk rehat sejenak dari kehidupan di Tokyo. Sama halnya dengan di Indonesia jika ada dua hari libur kamis dan jumat, banyak dimanfaatkan liburan keluar kota. Lumayan karena jarang sekali ada libur 4 hari (plus sabtu dan minggu) tanpa harus mengambil dari jatah cuti.

Sempat berfikir kemana kira-kira kali ini tempat yang menarik untuk dikunjungi. Yang jelas ingin sekali keluar dari kesibukan yang ada di Tokyo. Bagaimana jika Kobe?, ditambah Kobe bukanlah kota yang jauh ketimbang daerah Hokkaido, dan daerah Kyusu. Sebenernya saya tidak pernah tahu ada apa saja di kota Kobe ini, selain daging wagyuu Kobe yang terkenal. Tanpa berespektasi liburan kali ini digunakan untuk meng-eksplor kota Kobe.


Bagaimana jika Kobe?, ditambah Kobe bukanlah kota yang jauh ketimbang daerah Hokkaido, dan daerah Kyusu.
 

Yang jelas seperti yang telah dijanjikan di podcast episode 17, blog kali ini dibikin untuk berbagi kepada kalian foto-foto selama jalan-jalan di Kobe. Hanya saja sangat disayangkan saat itu cuaca sangat kurang mendukung, dikarenakan hujan dan mendung. Tapi yang jelas banyak beberapa foto yang diambil di beberapa arsitektur karya Ando Tadao.

Pada awalnya saya tidak mengerti seperti apa kota Kobe sebenarnya, secara keseluruhan Kobe merupakan kota pelabuhan yang cukup modern, jika dibanding kan kota yang lain Kobe cukup mirip dengan Yokohama, kota yang terletak di selatan kota Tokyo. Sama halnya dengan Yokohama, kota Kobe juga memiliki daerah Chinatown yg cukup besar, dan ada distrik dimana dahulu menjadi tempat tinggal orang barat. Sehingga ada daerah banyak rumah kuno khas eropa.

Sebagai anak “desain” sudah tidak bisa dipungkiri saya pasti tertarik mengunjungi museum, galeri dan lain-lain. Tanpa saya duga ketika berkunjung ke Hyogo Prefectural Museum of Art, rupanya gedung museum itu merupakan karya arsitek terkenal Jepang Ando Tadao. Dan di dalam museum nya sendiri ada galeri Ando Tadao, yang dimana kita bisa melihat langsung maket arsitek karya-karyanya.


Tanpa saya duga ketika berkunjung ke Hyogo Prefectural Museum of Art, rupanya gedung museum itu merupakan karya arsitek terkenal Jepang Ando Tadao.
 

Jika kalian liburan dan menginap di Kobe, tidak ada salahnya kalian menyempatkan waktu ke Awaji Island, letaknya di barat perfektur Hyogo. Kalian bisa naik Express Bus langsung ke Awaji Island dari Kobe, dengan kira-kira 30 menit sampai 1 jam perjalanan. Yang paling menarik dari pulau itu adalah kalian bisa mengunjungi komplek Awaji Yumebutai ( Komplek Gedung Pertunjukan Teater), yang dimana komplek pertunjukan yang besar ini adalah salah satu karya Ando Tadao.

Meskipun saat itu mendung dan hujan semoga foto-foto ini bisa membuat anda tertarik mengunjungi Kobe, Hyogo. Bagi yang penasaran seperti apa Awaji Yumebutai karya Ando Tadao bisa lihat di link ini.

 








~enjoy









Aiman H Irsyad

Experienced Graphic Designer with a history of working in the Graphic Design in Jakarta, Indonesia. Has a strong background in Typography, Adobe Photoshop, Photography, Graphics, and Logo Design. Achieved Bachelor of Fine Arts (BFA) majoring in Graphic Design from Jakarta Institute of The Arts.

Currently living and working at a Design Company in Tokyo, Japan. And living as a "Night in Japan" Podcaster that tells hundreds of stories as an Indonesian who's living life in Japan.

https://www.linkedin.com/in/aiman-husaini-94792b6b?lipi=urn%3Ali%3Apage%3Ad_flagship3_profile_view_base_contact_details%3BNg3KUaT9Q0uQxEYPyMRA%2Bw%3D%3D
Next
Next

Selamat Tinggal Hana Kimura