Selamat Tinggal Hana Kimura

Sebagai penggemar reality show Terrace House saya berduka sedalam-dalamnya atas perginya Hana Kimura.

Saya adalah salah satu penggermar reality show Jepang “Terrace House”. Bagi yang belum tahu, acara ini adalah salah satu reality show Jepang produksi Netflix yang dimana 3 orang cewe dan 3 orang cowo tinggal di dalam satu rumah. Total sudah tayang 5 season, 1 masih original Fuji Tv dan 4 season sisanya kerjasama dengan Netflix.


Kabar itu langsung dikonfirmasi oleh talent agency dia Stardom di twitter resmi mereka. Diduga keras Hana depresi karena cyberbullying di sosial media dia.
 

Hana Kimura adalah salah satu member dari Terrace House season 5: Tokyo 2019-2020. Dan beberapa minggu yang lalu ada berita duka jika Hana Kimura meninggal dunia akibat bunuh diri. Kabar itu langsung dikonfirmasi oleh talent agency dia Stardom di twitter resmi mereka. Diduga keras Hana depresi karena cyberbullying di sosial media dia.

Menurut kabar si, penyebab kenapa Hana di-bully kemungkinan setelah emosi dia meledak karena salah satu member saat itu kurang berkontribusi dan berkesan tidak peduli dengan kewajiban sebagai penghuni. Padahal jika kita tinggal bersama dalam satu rumah sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kebersihan dan saling menjaga barang yang digunakan bersama. Puncaknya adalah ketika salah satu kostum Hana yang tertinggal di mesin cuci sekaligus penggering, tanpa cek terlebih dahulu salah satu member itu langsung memakai mesin cuci tanpa mengeluarkan kostum Hana yang tertinggal. Alhasil, kostum yang kemungkinan terbuat dari bahan sintetis dan tidak boleh di keringkan menggunakan mesin pun menciut dan tidak bisa dipakai kembali.

Dari kejadian itu lah emosi Hana meledak dan banyak berkata kasar (dalam bahasa Jepang tentunya). Meskipun jika kalian pernah liat reality show Amerika jauh lebih kasar bahkan cenderung brutal. Menurut saya pun kejadian itu hanya sebatas pertengkaran wajar antara teman. Tapi yang namanya ntizen yang paling benar, setelah kejadian itu Hana pernah bercerita di twitter nya jika tiap hari hampir 1000 tweet hujatan datang ke dia. Ditambah orang Jepang memang cenderung sangat mempedulikan pendapat orang lain tentang dirinya. Dihari Hana memutuskan bunuh diri pun terlihat di instagram miliknya sebuah posting dan insta story dengan sebuah pesan selamat tinggal. Polisi pun menemukan sebuah surat perpisahan yang dia tinggalkan untuk ibunya.


Karena kejadian ini seketika pemerintah Jepang mulai membuat regulasi guna menghindari cyber-bullying
 

Karena kejadian ini seketika pemerintah Jepang mulai membuat regulasi guna menghindari cyber-bullying (sumber). Dengan adanya kejadian ini Fuji TV, partner dari Netflix dalam memproduksi acaranya ini memberhentikan Terrace House season: Tokyo 2019-2020. Dan belum ada kabar lebih lanjut apakah acara ini akan dilanjutkan atau season ini menjadi season terakhir.

Sekedar info, Hana Kimura adalah Pegulat Professional dan juga member dari Terrace House. Dan saat pertama kali dia datang dan perkenalan dia sempat bilang kalau dia adalah orang Jepang keturunan Indonesia, meskipun orang tuanya sudah bercerai dan dia tidak tinggal bersama ayah kandung Indonesianya.

Blog ini semata saya dedikasikan untuk Hana Kimura dan seluruh orang yang membaca ini untuk bersikap lebih bijak dalam menanggapi media sosial dan juga berhati-hatilah jika berkomentar dalam media sosial. Tidak ada ruginya kan jika kita bersikap baik di media sosial juga. : )





~stay humble








Aiman H Irsyad

Experienced Graphic Designer with a history of working in the Graphic Design in Jakarta, Indonesia. Has a strong background in Typography, Adobe Photoshop, Photography, Graphics, and Logo Design. Achieved Bachelor of Fine Arts (BFA) majoring in Graphic Design from Jakarta Institute of The Arts.

Currently living and working at a Design Company in Tokyo, Japan. And living as a "Night in Japan" Podcaster that tells hundreds of stories as an Indonesian who's living life in Japan.

https://www.linkedin.com/in/aiman-husaini-94792b6b?lipi=urn%3Ali%3Apage%3Ad_flagship3_profile_view_base_contact_details%3BNg3KUaT9Q0uQxEYPyMRA%2Bw%3D%3D
Previous
Previous

Jalan-jalan di Kobe Sambil Melihat Karya Arsitektur Ando Tadao

Next
Next

Ied Mubarak 1441H (dalam kondisi pandemi korona)