Ied Mubarak 1441H (dalam kondisi pandemi korona)

Tahun ini adalah tahun ke empat Lebaran di Jepang.

Tidak terasa selama ini sudah 4 tahun tidak merasakan Lebaran di Indonesia. Masih teringat ketika pertama kali puasa dan Lebaran di Jepang, suasana bulan Ramadhan yang selama ini kita rasakan di Indonesia sudah jelas tidak bisa kita rasakan di Jepang. Hari Raya Idul Fitri pun hanya sekedar sholat ied di Masjid Indonesia setelah itu ramai-ramai ke Kedutaan Jepang di Meguro hanya sekedar untuk masakan Lebaran gratis.

Sayangnya tidak untuk Lebaran tahun ini. Seperti yang kalian tahu pandemi yang sedang melanda seluruh dunia (termasuk Jepang) berdampak ditiadakannya sholat ied maupun open house di KBRI Tokyo. Jadi seperti kalian yang sedang berada di Indonesia, kita yang di Jepang pun mau tidak mau merayakan Idul Fitri di tempat tinggal kita masing-masing.

Bagaimana pun hati dan semangat kita di Hari Raya Idul Fitri ini tidak akan berubah meskipun kita harus menahan diri sebentar demi kepentingan kita bersama. Sedih memang tapi itulah jalan yang terbaik untuk menekan semakin tingginya penyebaran dari virus ini. Walaupun tahun ini kalian tidak bisa mudik, tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar, tidak bisa berkunjung ke rumah sanak saudara, semoga pandemi serupa cukup berakhir di tahun ini saja.

Semoga seluruh ibadah yang kita lakukan di Bulan Ramadhan di terima Allah SWT, dan di hari yang penuh maaf ini kita bisa saling mensucikan satu sama lain.

Saya Aiman Husainy Irsyad penulis dan host di Night in Tokyo Podcast mengucapkan “Minal Aidin Wal Faidzin , Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Mohon dimaafkan jika ada salah ucap selama Podcast atau tulisan yang menyinggung di Blog yang saya tulis. Happy Ied Mubarak and stay safe people.





~Aminnnnn





Aiman H Irsyad

Experienced Graphic Designer with a history of working in the Graphic Design in Jakarta, Indonesia. Has a strong background in Typography, Adobe Photoshop, Photography, Graphics, and Logo Design. Achieved Bachelor of Fine Arts (BFA) majoring in Graphic Design from Jakarta Institute of The Arts.

Currently living and working at a Design Company in Tokyo, Japan. And living as a "Night in Japan" Podcaster that tells hundreds of stories as an Indonesian who's living life in Japan.

https://www.linkedin.com/in/aiman-husaini-94792b6b?lipi=urn%3Ali%3Apage%3Ad_flagship3_profile_view_base_contact_details%3BNg3KUaT9Q0uQxEYPyMRA%2Bw%3D%3D
Previous
Previous

Selamat Tinggal Hana Kimura

Next
Next

Terima Kasih Tully's Japan